Teknologi Masa Depan : Pesawat Tenaga Surya Berhasil Terbang.


Updated: Fri, 25 May 2012 08:37:19 GMT | By fetra, okezone.com
BERN - Solar Impulse, pesawat bertenaga surya yang digagas oleh Bertrand Piccard akan melewati uji coba atau latihan terakhir sebelum diimplementasikan untuk penerbangan keliling dunia pada 2014.

Dilansir Telegraph, Jumat (25/5/2012), pesawat mutakhir tersebut akan mengudara pada penerbangan menyeberangi mediterania dari lapangan udara di bagian barat Swiss dan dijadwalkan untuk mendarat di Spanyol setelah terbang selama 20 jam. Setelah waktu tempuh yang harus dilalui tersebut terselesaikan, pesawat akan terbang ke Rabat, Maroko.


Pelajaran yang bisa diambil dari laga ini akan membantu kesiapan pilot untuk menempuh perjalanan keliling dunia di waktu mendatang. "Hari ini adalah latihan terakhir untuk penerbangan keliling dunia di 2014. (Latihan ini) untuk Andre (salah satu pilot) dan saya sendiri sebagai pilot serta seluruh tim dan tim teknis," ujar pendiri Solar Impulse, Bertrand Piccard kepada Reuters.

Pilot Andre Borschberg yang telah mengudara dengan pesawat terbang ke Madrid, menemukan bahwa ini adalah hal yang menyenangkan. Sebab, pesawat terbang hanya menggunakan tenaga surya. "Yang paling menyenangkan adalah untuk dapat pergi hingga 9 ribu meter dengan energi surya. Semakin saya terbang di siang hari (yang terik), semakin besar energi yang akan saya kumpulkan, bahkan di dalam baterai. Jadi ini sangat mengesankan, sangat berbeda," ujar Andre Borschberg.
Proyek Solar Impulse dimulai sejak 2003 dengan anggaran 10 tahun yakni 90 juta euro (72 juta poundsterling). Proyek ini melibatkan insinyur pembuat mesin lift, Schindler dari Swiss serta bantuan penelitian dari chemicals group, Solvay di Belgia.

Pesawat canggih ini memerlukan 12 ribu sel surya dan telah melakukan penerbangan perdana pada April 2010. Menurut catatan, Solar Impulse telah menyelesaikan hingga 26 jam penerbangan dalam tiga bulan terakhir yang menjadikannya sebagai rekor terbang untuk jenis pesawat yang menggunakan tenaga surya.

Komentar

  1. Wah, nice info gan ^^
    Ane denger pesawat ini juga mau terbang ke seluruh dunia kan ya?. Dan rencananya pilotnya cuma istirahat selama 20 menit per hari gan. ckck. Semoga berhasil deng trip perdananya.

    BalasHapus

Posting Komentar