Biaya Produksi iPhone 6S Cuma Rp 3 Jutaan


 
Ongkos Produksi iPhone 6S Cuma Rp 3 Jutaan


Jakarta - iPhone 6S telah dirilis resmi oleh Apple dan siap dipasarkan di berbagai negara. Sudah pasti harganya pun mahal. Tapi sebenarnya, berapa biaya dasar yang dikeluarkan Apple untuk membuat satu unit iPhone 6S?

Bank of America Merrill Lynch coba menganalisis berapakah harga asli iPhone 6S berdasarkan biaya komponen. Menurut mereka, iPhone 6S versi 64 GB membutuhkan biaya pembuatan sekitar USD 234 saja atau di kisaran Rp 3,3 juta.

iPhone 6S varian 64 GB akan dijual unlocked seharga USD 749. Berarti hitungan kasarnya, Apple mengeruk keuntungan sampai USD 515 setelah dikurangi biaya pembuatan. Tentu kenyataannya tak sebesar itu karena masih ditambah biaya promosi, distribusi dan sebagainya. Tapi tetap saja margin keuntungan Apple tinggi.

Dikutip detikINET dari Business Insider, Selasa (15/9/2015), biaya komponen terbesar adalah bagian semikonduktor senilai USD 217. Kemudian prosesor A9 butuh sekitar USD 25 dan USD 20 dollar AS untuk flash memory 64 GB. Bagian layar juga termasuk mahal, diperkirakan USD 50. Komponen lain termasuk kamera dan baterai diprediksi sekitar USD 23.

Ongkos produksi iPhone 6S berarti sedikit lebih mahal dibandingkan dengan iPhone 6. Perangkat seri sebelumnya itu diprediksi mempunyai ongkos produksi sekitar USD 227 dollar.

Meskipun begitu, analisis dari Merril Lynch ini baru sekadar perkiraan. Untuk mengetahui harga sebenarnya dari ongkos produksi iPhone 6S, gadget harus dibongkar terlebih dahulu untuk mengetahui komponen di dalamnya dengan benar.

Komentar